Sabtu, 01 November 2014

Murid Ronaldinho

Tujuh menit sebelum pertandingan usai. Bocah 17 tahun itu bersiap melakoni debutnya bersama Barcelona di La Liga. Kesempatannya cuma sebentar. Jadi, hanya ada satu target di kepalanya: Habis-habisan!
Bocah yang tak lain adalah Lionel Messi itu lalu masuk ke lapangan menggantikan Deco Souza. Messi sedikit minder. Maklum, rekan- rekannya di lapangan adalah bintang sepakbola macam Ronaldinho, Samuel Eto'o, Carles Puyol, Xavi dan Henrik Larsson.
Tapi, ia mencoba fokus. Baginya ini kesempatan berharga yang tak boleh disia-siakan. Selama kurang lebih sepuluh menit, Messi beraksi. Meski tak banyak memberikan kontribusi, tapi ini tetaplah pengalaman berharga untuknya.
"Itu adalah hari bahagia untukku. Aku bekerja keras untuk bisa tampil di lapangan. Jadi, itu benar-benar spesial," kata Messi mengenang laga lawan Espanyol pada 16 Oktober 2004 tersebut.

Sejak musim 2004/2005 Messi terdaftar di tim utama Barca. Sepanjang musim itu ia bermain tujuh kali di La Liga dan melesakkan satu gol. Messi tak pernah lupa bagaimana proses golnya tersebut. Ia mendapat umpan spektakuler dari gurunya, Ronaldinho.

"Dia tak sekedar memberikanku bola. Tapi, lewat umpannya ia sepertinya benar-benar ingin aku mencetak gol. Luar biasa," kata Messi. Saat merayakan golnya, Messi langsung melompat ke punggung Ronaldinho.
"Sejak pertama masuk ruang ganti, Ronaldinho dan pemain Brasil lainnya Deco, Sylvinho dan Thiago Motta menerimaku dengan tangan terbuka. Ronaldinho begitu spesial, karena ia adalah bintang tim. Aku belajar banyak di sampingnya."
"Dia sangat membantuku. Tidak pernah mudah masuk ke ruang ganti pada usia 16 tahun. Ronaldinho membuat segalanya lebih mudah. Aku punya keberuntungan bisa berbagi banyak hal dengannya. Aku dapat mengatakan bahwa dia orang yang benar-benar hebat dan itulah yang paling penting," ucap Messi.
Seiring musim berjalan, peran Messi makin vital di Barca. Dan bahkan ketika Dinho memutuskan pindah ke AC Milan, pemain asal Brasil itu menghadiahi kostum nomor sepuluh kepada Messi. Ia ingin Messi menjadi penerusnya di Camp Nou.
Messi tak menyia-nyiakan kesempatan yang didapatnya. Ia mengantar Barca meraih sederet prestasi. Ia juga terpilih empat kali sebagai Pemain Terbaik Dunia.

Biografi Lionel Messi

Nama asli        : Lionel Andres Messi

Tanggal lahir  : 24 Juni 1987 

Lahir di            : Rosario, Argentina 
Zodiac             : Cancer 
Terkenal sejak bermain dalam klub Barcelona (2004)


Lionel Andres Messi atau yang lebih dikenal sebagai Lionel Messi merupakan striker Barcelona dan Timnas Argentina. Ia memiliki julukan diantaranya Si Kutu alias La Pulga, El Messiah (Penyelamat) dan King Leo. Julukan Si Kutu sendiri diperoleh Messi dari kakaknya, Rodrigo. Hal ini karena postur tubuh Messi yang lebih kecil daripada kawan-kawannya. Meski begitu, kelihaiannya bermain bola mengantarkan Barcelona sebagai salah satu tim terkuat di La Liga. 

Namun sebelum terkenal seperti saat ini, Messi tumbuh bersama kedua kakak laki-laki Rodrigo dan Mati­as serta seorang adik perempuan Maria Sol. Anak laki-laki ketiga dari pasangan pekerja pabrik baja dan pembantu rumah tangga (Jorge Horacio Messi dan Celia Maria) ini dilahirkan di Rosario, Santa Fe Province, Argentina, 24 Juni 1987. 


Pengalaman sepakbola didapatkan pemain berusia 27 tahun ini sejak ia baru berusia 5 tahun. Pada usia yang masih sangat muda tersebut, Messi kecil telah bermain untuk sebuah klub bola asuhan ayahnya, Grandiola. Menghabiskan 3 tahun bermain dengan skuad Grandiola, Messi memutuskan pindah ke Newell's Old Boys di usianya yang ke-8. 

Tumbuh dan berkembang sebagai anak yang lincah dan gemar bermain bola, lawan berat CristianoRonaldo ini didiagnosa mengalami kekurangan hormon pertumbuhan di usianya yang ke-11 tahun. Keuangan keluarga yang buruk membuat orangtua Messi tidak bisa membayar biaya keperluan terapi hormon sebesar 500 ribu poundsterling (9 miliar) setiap bulan. Untuk itu sang ayah mencari klub sepakbola yang dapat membiayai pengobatan putranya tersebut dan bertemulah dia dengan Carles Rexach, Direktur klub sepak bola Barcelona (1996). 

Bergabung dengan klub ternama di Spanyol, Messi menunjukkan talenta yang gemilang. Kemampuannya yang mumpuni membuat tunangan Antonella Roccuzo ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat masuk ke dalam tim senior FC Barcelona. Di usia 17 tahun dan di musim pertamanya, Messi mencetak gol pertama pada 1 Mei 2005, sekaligus tercatat sebagai pemain termuda Barcelona yang berhasil menyumbang gol untuk klubnya. 

Karir Messi di Barcelona semakin gemilang. Hal itu terbukti dari perpanjangan kontrak yang dilakukan oleh klub bola merah-ungu tersebut kepadanya hingga Juni 2014. Musim 2005-2006 menjadi saksi kehebatan Messi. Ia menyumbangkan 6 gol dari total 17 liga. Sayangnya aksi Messi terhenti karena cedera otot di paha kanan saat melawan Chelsea di Liga Champions, Maret 2006. Dia pun tak lagi main sampai musim kompetisi berakhir. 

Setahun setelah cedera, penerus Ronaldinho ini comeback gemilang di laga derby melawan musuh bebuyutan Barcelona, Real Madrid. Lulusan sekolah La Masia itu sukses mencetak hattrick di laga El Clasico meski akhirnya pertandingan imbang 3-3. Hattrick Messi diakui mampu memotivasi para pemain kala itu. 

Musim 2011-2012 bisa dibilang sebagai masa keemasan Messi. Ia telah mencetak 232 gol sepanjang karirnya, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Cesar Rodriguez. Ia juga tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah yang dianugerahi 4 kali gelar Pemain Terbaik Dunia di FIFA Ballon d'Or (2009-2012). Kemenangan berturut-turut juga berhasil dicapai Messi saat ia tiga kali menang penghargaan Sepatu Emas yang biasa diberikan untuk pemain terbaik di kancah Eropa. 

Messi juga mengoleksi penghargaan dari UEFA diantaranya 4 kali Top Skorer di Liga Champions (2009-2012), Pemain Terbaik UEFA 2011 (Best Player in Europe Award) dan Man of the Match di final Liga Champions 2011. Sedangkan kontribusinya untuk Barca yakni mengantarkan klub menang 6 trofi La Liga Spanyol, 2 Copa del Rey, 5 gelar juara Super Copa serta 4 piala Liga Champions. 

Selain prestasi bersama FC Barcelona, Messi menunjukkan pencapaian yang memuaskan ketika membela Timnas Argentina. Kemenangan Argentina bersama Messi diantaranya Juara Piala Dunia U-20 2005 dan Juara Olimpiade Beijing 2008. Ayah dari Thiago Messi itu debut bersama Tim Tango Senior 17 Agustus 2005 dan menjadi pemain Argentina termuda (18 tahun 357 hari) yang berlaga di Piala Dunia 2006. 



Pantak

Pantak Di Kalimantan Barat, Dayak Kanayatn sudah sangat terkenal, baik maupun buruk. Baiknya, kelompok suku ini dikenal sebagai adaftor yang ulung termasuk negosiator dan tidak baik, suku ini dikenal sebagai aggressor bagi suku-suku bangsa lainnya. Disebut adaftor, karena suku ini tinggal disebuah kawasan “bumper”, kawasan pembatas antara pesisir yang dikenal sebagai teritori Melayu-Islam dan kawasan pedalaman yang dikenal sebagai teritori Dayak-Kristen. Sedangkan di sebut aggressor, karena suku ini termasuk suku “pengembara”, yang menjelajah diseluruh bagian provinsi ini. Selain itu, dari sejarah konflik antar etnik di Kalbar, kelompok suku ini terlibat secara dominan dan langsung.
Berbeda dengan saudara-saudaranya di kawasan timur-barat, tidak ada ciri khas kebudayaan yang amat menonjol dari suku ini. Dalam batas tertentu, peradaban suku ini tergolong rendah dibandingkan dengan suku-suku Dayak lainnya. Yang paling menonjol, misalnya; dari persenjataan perang, suku ini tidak mengenal Mandau, mereka menggunakan “tangkitn”, yang tidak menggunakan sarung. Memakainya cukup di tenteng dengan cara di panggung. Tangkitn ini tidak ada hulu, hanya dililit dengan kain merah dan putih, yang dikenal sebagai tangkulas. Suku ini juga tidak mengenal perisai atau gunapm sebagai pasangan dari Mandau, sebagaimana suku Dayak lainnya. Factor kesamaan hanya terlihat pada rumah tinggal, menurut informan saya, nenek moyang mereka memang pernah tinggal dirumah panjang, yang dikenal sebagai rentetn.
Menurut beberapa sumber, kelompok suku ini merupakan bagian terbesar dari seluruh kelompok etnik Dayak di Kalimantan, dengan menyumbang sekitar 600.000 jiwa, yang tersebar di berbagai kabupaten/kota. Informan saya menyebutkan angka ini relative pasti, karena faktanya ada dua kabupaten di Kalimantan Barat yang hamper 90% penduduknya di kategorikan sebagai Dayak Kanayatn, yakni Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Landak. Kedua kabupaten ini, sebelum pemekaran tahun 1999 merupakan bagian dari Kabupaten Sambas dan Kabupaten Pontianak.

CERITA RAKYAT KALIMANTAN BARAT

Asal Muasal Ketapang

Pada jaman dahulu terdapat sebuah pohon ketapang raksasa yang tumbuh sangat subur daerah Kota Ketapang, saking besar dan rimbunya pohon tersebut menutupi kota ketapang dari terpaan sinar matahari, sehingga penduduk setempat sangat kesulitan untuk menjemur padi hasil ladang mereka....sampai-sampai menurut cerita masyarakat jaman dahulu harus menjemur padi mereka sampai ke daerah padang tikar..... Dulu kota ketapang adalah adalah suat daerah yang sangat aneh. seluruh daerahnya ditutupi oleh pohon ketapang yang sangat besar, hingga daerah tersebut hampir tidak ada cahaya matahari. namun semakin berkembangnya jaman maka rakyat berusaha menyingkirkan pohon Ketapang raksasa tersebut (menebang) sehingga disepakatilah pohon tersebut harus ditebang. Selanjutnya setelah di tebang pohon tersebut tumbang. Dengan berbagai cara yang pada akhirnya bekas tumbangnya pohon tersebut lama-kelamaan terbentuklah sebuah sungai dimana bekas pohon induk membentuk sungai induk (sungai pawan) dan ranting-rantingnya membentuk anak-anak sungai kecil, setelah itu barulah masyarakat dapat melihat sinar matahari langsung di Kota Ketapang. Kota Ketapang juga terkenal akan ale-ale, yakni sebangsa hewan laut yang menyerupai kerang yang hanya ada di ketapang, menrut cerita masyarakat ketapang ale-ale adalah buah pohon ketapang tersebut yang jatuh ke sungai pawan yang mengelilingi ketapang. dimana sekarang hewan tersebut dijadikan simbol kota ketapang oleh masyarakat luar..sehingga masyarakat luar menyebut ketapang dengan kota ale-ale....(wallahu 'alam) hewan tersebut dahulu dijadikan simbol pada bundaran jembatan pawan I, namun sekarang telah di renopasi dan ale-ale besar yang ada pada bundaran telah d buang.

Batu Menangis

Bagaikan bulan yang elok, tubuh laksana pualam, rumput terurai seperti mayang, itulah umpama yang pantas untuk gadis cantik yang tinggal bersama ibunya yang sederhana di sebuah desa terpencil itu. Semua orang akan mengakuinya saat memandang gadis itu. Tak henti-hentinya ia merias dirinya. Cermin di dinding rumahnya tak jemu meski gadis nan elok itu terus memandanginya. Namun mereka terbius kecantikan itulah si gadis ini jadi angkuh dan malas. Ia tak sadar bahwa keelokan yang dikaruniakan Tuhan itu adalah berkah yang harus disyukuri dengan kerendahan hati. Ibu gadis ini adalah ibu yang lembut, baik hati dan bijak. Ia dengan sabar menemani gadis ini. Ia hanya berharap suatu ketika anak gadisnya menyadari betapa keelokan parasnya tak ada guna apabila hatinya angkuh. Makin sedih juga sang ibu melihat anaknya yang cantik itu juga pemalas, dan kemauannya harus selalu dituruti meskipun kadang tidak masuk akal. Tetapi sang ibu terus berusaha menuruti apa yang dikehendaki anak gadisnya itu. Di dalam harinya ia berdoa, semoga Tuhan menolong dia menyadarkan anak gadisnya itu. Ibu itu tak punya daya untuk mengubahnya. Suatu hari, seperti biasa gadis itu mengurung dirinya di dalam kamarnya. Ia tak mau matahari merusak kulitnya. Ia enggan debu-debu mengotori wajahnya. Ia tak suka orang-orang mencuri kemolekannya. “Ibu…!” Gadis itu memanggil ibunya dengan suara keras. Sang ibu tergopoh menghampiri putrinya. “Bukankah sudah berulang kali aku bilang bahwa setiap aku bangun ibu harus sudah menata kamar ini hingga rapi, menyediakan lulur dan air hangat, dan membuatkan minuman sari buah untukku…?” katanya keras dan marah. Ibunya berusaha sabar, “Bukankah kamu sudah dewasa, anakku. Kau bisa mengerjakan sendiri semua itu.” “Ibu tahu sendiri, aku sedang sibuk,” jawab gadis itu. Sang ibu hanya mengelus dada. Hatinya gelisah. Kesibukan mempercantik diri, hanya itulah yang selalu dilakukan putrinya yang pemalas itu. Suatu hari, sang ibu mencoba untuk membujuk anaknya agar mulai mengubah tabiat buruknya. “Ibu sudah tua, dan jika ibu dipanggil oleh Tuhan maka Ibu tak khawatir lagi engkau bisa mengurusi dirimu sendiri,” kata ibunya. “Aku tidak minta kamu jadi ibuku,” ketus sang gadis. Ibu sungguh sedih mendengarnya. “Baiklah, Anakku. Ibu hanya memohon agar kamu tidak mengurung diri di rumah. Kenalilah lingkunganmu agar ibu tenang jika suatu saat dipanggil Tuhan,” ujar itu dengan penuh kesabaran. Hari makin berlalu. Akhirnya sang gadis mau menuruti kehendak ibunya. Ia tidak keberatan untuk ke mana pun bersama ibunya. Ke kepta, ke toko, ke rumah kerabat bahkan hingga belanja ke pasar. Tapi anaknya ini mengajukan syarat bahwa ibunya tak diperbolehkan mengakui di depan umum bahwa ia ibunya. Sebagai seorang ibu tentulah hatinya teriris mendengar itu. “Oh Tuhan, mengapa untuk mengakui aku ibunya saja dia demikian malu? Mengapa anakku seangkuh itu, ya Tuhan…” Orang-orang benar-benar tak percaya kedua perempuan itu adalah ibu dan anaknya. Penampilan keduanya alangkah berlawanan. Si putri begitu mewah, sementara sang ibu teramat bersahaja. Bahkan sang ibu yang tua dengan pakaian yang kusam itu bagaikan seorang pembantu saja layaknya. Apalagi sang putri tak pernah mengizinkan berada di dekatnya. Jika berjalan, sang ibu harus berada di belakangnya. “Apakah mungkin dia ibunya?” “Ah mungkin saja bukan?” “Tapi…” Orang-orang berbisik-bisik mempergunjingkan hal itu setiap bebrtemu keduanya. “Bukan! Dia budakku,” kata gadis itu. Alangkah terlukanya sang ibu mendengar itu. Hatinya menangis dan ia benar-benar tak berdaya menahan sakit hatinya. Ia berbisik dan memohon kepada Tuhan. “dengan cara apa Engkau menghukum anak yang sombong dan berhati busuk seperti ini ya Tuhan? Jika dia anak kecil, hambamu pasti mampu memahaminya. Tapi ia sudah dewasa dan memiliki akal. Sungguh hamba tidak bis amengerti,” rintihnya. Tuhan selalu mendengar jeritan hati hambanya. Apapun yang dikehendaki Tuhan pastilah suatu kebaikan. Maka ketika ia menghukum gadis yang sombong itu, maka Tuhan pasti berkehendak baik untuk umatnya. Suatu haru gadis itu tiba-tiba berubah menjadi batu karena hatinya yang congkak dank eras. Gadis itu menyadari kesalahannya, tapi terlambat karena hukuman telah menimpanya. Ia pun hanya bisa menangis. Hingga sekarang, batu itu dikenal sebagai “Batu Menangis”.

Asal Usul Sungai Landak

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang petani dan istrinya di sebuah desa di pinggir hutan. Mereka hidup sederhana dan mereka ingin membantu orang lain, terutama yang berada dalam kesusahan. Suatu malam, petani dan istrinya sedang beristirahat di rumah mereka. Petani itu duduk di samping istrinya yang sedang tertidur. Tiba-tiba, datanglah kelabang putih dari kepala istrinya. Petani itu terkejut. Dia kemudian mengikuti kelabang itu hingga mencapai kolam kecil yang tidak jauh dari rumah mereka. Kelabang itu tiba-tiba menghilang. Petani pulang dan menemukan isterinya masih tidur nyenyak. Di pagi hari, sang isteri bercerita kepada suaminya tentang mimpi dia tadi malam. “Saya berjalan melalui lapangan yang luas, dan saya datang ke danau. Saya melihat landak raksasa di danau. Ia marah pada saya, jadi saya berlari keluar. “Setelah dia mendengar cerita mimpi isterinya, petani itu kembali ke kolam kecil. Di kolam, dia melihat sesuatu yang sangat mengkilap. Dia datang ke barang yang mengkilap itu dan mengambil nya. Ternyata itu adalah sebuah patung landak emas. Bentuknya sangat indah. Matanya dibuat dari berlian. Petani kemudian membawa patung itu ke dalam rumahnya. Pada malam hari, sang petani pun bermimpi. Seekor landak raksasa datang kepadanya dan berkata, “Izinkanlah aku tinggal di rumah mu. Sebagai gantinya, aku akan memberikan semua yang engkau inginkan. Patung itu hanya cukup dibelai kepalanya lalu mengucapkan mantra. Ada dua jenis mantra, yang pertama untuk memulai dan yang kedua adalah untuk menghentikan apa yang engkau inginkan. Sekarang hafalkanlah mantra ini. “ Pada hari berikutnya, sang petani bercerita kepada istrinya tentang mimpinya. Mereka benar-benar ingin membuktikan itu. Petani perlahan mengusap kepala patung landak itu. Ia mengucapkan mantra pertama lalu katanya, “aku minta beras”. Tiba-tiba, beras itu datang dari mulut patung itu. Beras terus menerus keluar dari mulut nya. Petani pun segera membaca mantra kedua untuk menghentikannya. Beras kemudian berhenti keluar dari patung. Petani dan istrinya kemudian mencobanya untuk hal-hal lain, mereka meminta perhiasan dan hal-hal lain yang mereka butuhkan. Mereka menjadi sangat kaya. Tapi mereka tetap ingin membantu orang lain. Banyak miskin datang kepada mereka untuk dibantu. Sayangnya, ada seorang pencuri yang menemukan tentang rahasia dari emas patung landak itu. Ia berpura-pura sebagai orang miskin untuk meminta bantuan, tetapi kemudian dia mencuri patung itu dari rumah petani. Sang pencuri kabur ke wilayah kecamatan Ngabang. Terjadilah ketika itu kekeringan di daerah tersebut. Karena sang pencuri ingin mendapat simpati dari masyarakat, maka ia berkata kepada mereka bahwa ia akan memberi mereka air. Pencuri itu kemudian mengusap kepala patung landak itu dan mengucapkan mantra pertama. Air pun keluar dari mulut patung. Semua orang sangat senang. Tetapi air terus menerus keluar. Sang pencuri rupanya tidak mengetahui mantra kedua untuk menghentikan apa yang diinginkannya. Orang-orang yang melihat kejadian itu benar-benar menjadi takut. Mereka berlari keluar untuk menghindari air tampaknya air itu mulai menjadi banjir yang sangat besar. Sang pencuri juga ingin melarikan diri, tetapi ia tidak dapat memindahkan kakinya. Dalam penglihatannya, ada satu landak raksasa sedang memegang kedua kakinya. Air yang berasal dari patung itu terus mengalir dan perlahan-lahan akhirnya menjadi sebuah sungai. Sang pencuri pun akhirnya tenggelam di sungai itu. Hingga kini, orang-orang menamai sungai itu dengan nama Sungai Landak .

Jumat, 31 Oktober 2014

Akibat Perluasan Perkebunan Sawit

Foto ini adalah kondisi terkini kerusakan hutan di Kalimantan Tengah hingga wilayah sebagian wilayah Kalimantan Timur. Greenpeace mencatat dari pertengahan tahun 2009 hingga pertengahan tahun 2000 setidaknya 141.000 hektar hutan Kalimantan yang juga merupakan habitat orangutan telah musnah.
Hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah terdapat populasi orangutan. Berdasarkan data Population and Habitat Viability Analysis (PHVA) terdapat lebih dari 31.300 orangutan (pongo pygmaeus) yang menghuni wilayah Kalimantan Tengah. Penyebab utama musnahnya hutan – hutan ini adalah perkebunan sawit.
PT. Wahana Catur Jaya Utama (WCJU) adalah salah satu perusahaan sawit di Kalimantan Tengah yang hingga saat ini masih melakukan alih fungsi hutan dan lahan gambut menjadi perkebunan sawit. PT. WCJU yang merupakan anak perusahaan BW Plantation memiliki konsesi seluas 9.490 hektar yang terdiri dari hutan sekunder dan lahan gambut. BW Plantation cadangan lahan seluas 83.420 hektar lahan di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.
Selama bulan September tahun 2013 PT. WCJU 1.400 hektar hutan telah dirubah menjadi perkebunan sawit. PT. WJCU adalah perusahaan anggota RSPO (Roundtable Sustainable Palm Oil) yaitu sebuah asosiasi yang terdiri dari berbagai organisasi  dari berbagai sektor industri kelapa sawit yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan.

Perusahaan anggota RSPO lainnya yang melakukan alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit adalah PT. Karya Makmur Abadi II (KMA II). PT. KMA II adalah perusahaan perkebunan sawit milik Kuala Lumpur Kepong Berhad Group (KLK), sebuah perusahaan perkebunan ketiga terbesar di Malaysia yang memiliki cadangan lahan seluas 251.326 hektar dan 50% nya berada di Indonesia. PT. KMA II memiliki konsesi seluas 13.127 hektar dan dalam dua tahun terakhir hampir 1.000 hektar hutan telah dikonversi menjadi perkebunan sawit oleh perusahaan ini.
BW Plantation dan KLK adalah penyuplai minyak sawit bagi perusahaan kosmetik, deterjen rumah tangga dari Amerika Serikat, P & G (Procter and Gamble). Produknya beredar di 180 negara dan memiliki 4,8 juta pengguna produk.  Salah satu produk P & G yang cukup populer di Indonesia adalah shampoo Head & Shoulders dan krim cukur Gillette. Selama tahun 2012 hingga 2013 P & G menggunakan 462.000 ton olahan kelapa sawit sebagai bahan baku produknya.
Musnahnya hutan yang menjadi habitat orangutan akibat perkebunan sawit tentu saja tidak hanya berdampak langsung terhadap orangutan tapi juga berdampak langsung pada perubahan iklim yang akan berakibat buruk pada kehidupan manusia.

El-Clasico - Sejarah Sosial Politik Spanyol

Untuk memenuhi syarat otentisitas, saya menyatakan bahwa yang tertulis di bawah ini adalah resume yang saya buatkan atas disertasi orang lain mengenai peran FC Barcelona dan Real Madrid dalam sejarah sosial politik Spanyol.
Setelah membacanya, saya berpikir bahwa substansi isinya dapat mencerahkan pemahaman kita mengapa El-Clasico selalu ditunggu-tunggu dengan bermacam-macam simbol yang ditampilkan di dalam dan luar lapangan. Akhirnya, semoga pertandingan pagi hari nanti berlangsung menarik dan penuh aksi memukau. Salam kompak untuk para Barcelonistas dan jabat tangan saya khusus untuk para Madridistas.
.
Perkenalan
Olahraga dan politik, sering disebutkan sebaiknya tidak bercampur. Bagaimanapun, sekeras apapun usaha kita memisahkannya, pemerintahan dan fenomena sosial-kultural mungkin telah secara rutin melanggar wilayah lainnnya sepanjang sejarah (Allison: 1986, p.12). Tak perlu kemana-mana, ini telah semakin jelas di abad terakhir dalam sepakbola Spanyol, permainan di Semenanjung Iberia telah terlihat sebagai perpanjangan tangan dari skenario politik domestik dan internasional (Crolley & Hand: 2006, p.114).
Sebagai sebuah area yang secara relatif masih sedikit mengambil porsi penelitian ilmu sosial, disertasi ini akan memberikan evaluasi unik terhadap sejauh mana politisasi dua klub paling kaya dan paling besar dukungannya di Spanyol (BBC: 2010), Real Madrid CF dan FC Barcelona.
Sejumlah pernyataan penting telah sering diajukan terhadap politisasi oleh kedua klub, tetapi klaim tersebut tidak pernah dianalisa dari sisi akademis secara mendalam. Disertasi ini, melalui studi atas momen-momen politis kunci dalam sejarah Spanyol dan referensi konstan terhadap nilai akademis yang melingkupi topik organisasi dan institusi politis, akan membedah klaim tersebut dan menguji tiga pertanyaan utama yang saya harap dapat mencapai sekumpulan kesimpulan yang jelas.
Pertanyaan pertama adalah apa sebenarnya rupa dari sebuah institusi politis. Saya akan melihat sejumlah pemikiran-perilaku, teori pilihan rasional, institusionalisme, pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan menilai apakah ada atau tidak cakupan meluas atas definisi konvensional untuk mengarahkan aksi dari organisasi yang secara tradisional bukanlah dianggap sebagai “pemerintah”.
Pertanyaan kedua melibatkan dikotomi antara institusi politis dan organisasi politis. Sementara institusi politis lebih dilihat sebagai badan administratif formal, organisasi cenderung melibatkan diri dalam proses politis dibanding membentuk proses-proses tersebut, memberikan kesempatan bagi warga negara untuk mempengaruhi mereka yang memerintah (Hague & Harrop: 1982, p.165).
Pertanyaan terakhir adalah untuk menguji apakah terjadinya keselarasan politis pada klub-klub tersebut memang berasal dari klub itu sendiri atau sebagai sebuah proyeksi oleh pihak yang berkepentingan untuk menjadikan mereka kendaraan yang nyaman dan kuat untuk pandangan politis mereka.

Tujuan dan Metode
Tujuan utama saya adalah untuk menganalisa sejarah Real Madrid dan FC Barcelona berdasarkan konteks sosial-politis masa itu dan akhirnya mencapai sebuah kesimpulan mengenai seberapa aktif pengaruh politis kedua klub sepanjang abad yang lalu. Fokus utama analisa ini adalah untuk menguji apakah aktivitas politik keduanya memenuhi definisi institusi politik dari kajian akademis.
Tentunya, untuk mencapai tujuan ini memerlukan metodologi valid sebagai sebuah struktur yang memungkinkan temuan-temuan dapat diaplikasikan. Metodologi saya lebih bersifat kualitatif, eksploratif dan kearsipan. Sumber-sumber utama dalam analisa ini akan berasal dari kombinasi teori oleh beberapa ilmuwan, seperti Arend Lijphart, Jennifer Gandhi dan Douglass North, untuk menambah studi sejarah historis kedua klub dan sejumlah material akademik mengenai politik dan budaya Spanyol abad ke-20.
Sejatinya, sepanjang disertasi ini saya akan juga mengevaluasi beberapa publikasi utama yang ditulis mengenai hubungan kedua klub terhadap sistem politik, kolom-kolom para jurnalis seperti Phil Ball dan Jimmy Burns yang membentuk bank untuk material historis. Apabila relevan, saya akan juga menggunakan laporan resmi UEFA dan survei mengenai struktur kepemilikan kedua klub, analisa data yang mereka masukkan untuk menambah elemen penyeimbang analisa kuantitatif dan primer ke dalam penelitian kualitatif yang sebelumnya banyak didominasi sumber-sumber sekunder.

Tinjauan Pustaka.
Definisi dasar sebuah institusi adalah sebuah organisasi dengan sebuah status publik yang anggota-anggotanya berinteraksi atas dasar peran spesifik di dalamnya. Di dalam lingkungan politik, institusi mengacu kepada sebuah organ pemerintah yang didasarkan pada konstitusi (Hague & Harrop: 1982, p.82), meskipun masih ada sejumlah debat akademis mengenai seberapa jauh definisi ini dapat dikecualikan.
Dapat dikatakan bahwa ilmuwan modern paling penting mengenai institusi politik, ilmuwan sosial Belanda bernama Arend Lijphart, telah menjadi sentral pengembangan pemikirian institusi dan aplikasi-aplikasi yang berbeda di bawah rezim yang beragam.
Untuk perbandingan metodologi, Lijphart mendasarkan kerangka atas referensi dan temuannya dalam bukunya 1977, Democracy in Plural Societies: A Comparative Explanation. Mengakui kesulitan pemerintah dalam memelihara sistem pemerintahan yang stabil dalam masyarakat yang plural dan memisahkan diri, Lijphart (1977, p.1) fokus pada negara demokrasi, namun analisanya hanya relevan ke Spanyol pasca Franco sebagai cerminan teori mengenai kinerja Real Madrid dan FC Barcelona.
Lijphart juga menawarkan kritik atas teori “keanggotaan tumpang tindih (overlapping memberships) yang dikemukakan oleh Arthur F. Bentley dan David B. Truman, dimana ketika individu menjadi anggota beberapa kelompok yang terorganisasi ataupun tidak, pandangannya akan menjadi moderat (Lijphart: 1977, p.10). Lijphart mengacu pada keadaan dimana keragaman keanggotaan menghadapkan orang-orang pada tekanan politik lintas kepentingan dan hasilnya mereka mengadopsi posisi “di tengah jalan (middle-of-the-road)” (1977, p.10-11), namun dengan Real Madrid dan FC Barcelona dimiliki oleh anggota mereka dan diasosiasikan dengan beragam pandangan politik, saya yakin anggapan tersebut akan ditantang oleh penelitian ini.
Dalam bukunya Political Institutions under Dictatorship, Jennifer Gandhi secara khusus berfokus pada peran institusi politik dalam rezim non-demokratis, menilai strategi para diktator yang secara tradisional digunakan untuk melanggengkan kekuasaan. Secara jelas, dengan proporsi yang besar pada abad ke-20 telah melihat Spanyol diperintah oleh kepemimpinan otoritarian, penelitiannya sangat relevan terhadap penelitian dalam subjek ini.
Gandhi menyatakan bahwa institusi yang biasanya melayani untuk memudahkan tugas memerintah dari diktator merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang sering menekan permintaan oposisi (2008, p.79). Sejatinya, ini adalah proses kooptasi, dimana institusi menjadi sebuah kunci konsesi dan persuasi ketika aksi demikian dibutuhkan (2008, p.109). Walaupun sangat sedikit penelitian Gandhi berfokus pada kekuasaan eksplisit Franco di Spanyol, dia mengakui pertumbuhan ekonomi yang dinikmati negara tersebut pada masa kediktatoran fasisnya, dimana pendapatan per kapita melonjak delapan kali lipat pada tahun 1975 dibanding pada saat selesainya Perang Dunia II (2008, p.139).
Berangkat dari karya Lijphart dan Gandhi, ekonom dan sejarawan terkemuka Amerika Douglass North memberikan poin yang tak mengherankan bahwa sebuah institusi politik dari pijakan tunggal ekonomi, yang menawarkan deskripsi komprehensif atas apa yang ia yakini sebagai karakteristik yang seharusnya. North (1990, p.3) menyatakan bahwa institusi adalah “aturan main (rules of the game)” dalam masyarakat, sebuah instrumen yang membentuk interaksi manusia.
Dengan melihat institusi politik sebagai fasilitator struktural dalam kehidupan sehari-hari kita (1990, p.3), North menarik dikotomi yang jelas antara “institusi” dan “organisasi”. Dia menyebutkan organisasi sebagai kelompok individu yang diikat oleh kepentingan umum untuk mencapai tujuan-tujuan, dimana usaha bersama ditanggung oleh sebuah kerangka institusional yang sudah eksis sebelumnya (1990, p.5). North berargumen bahwa ada hubungan simbiosi antara organisasi dan institusi, dimana organisasi berusaha mengubah kerangka kerja institusi dan secara bersamaan diatur oleh kendala-kendalanya. Mereka mungkin mempengaruhi bagaimana kerangka institusi dibentuk, namun akhirnya institusilah yang memegang kekuasaan dan menentukan aturan main (1990, p.5-6). Pandangan North bersifat pluralistic dimana ia mengakui adanya pengaruh yang dibagi antara institusi dan organisasi, namun pada sisi lain dia melihat institusilah yang berlaku sebagai wasit akhir dari pengambilan keputusan politik.
Untuk memberikan pandangan literatur mengenai sejarah Spanyol dan kedua klub, saya menggunakan sumber otoritatif oleh Stanley Payne mengenai perang dunia dan kehidupan fasis di Spanyol. Dalam Fascism in Spain: 1923-1977, Payne memberikan analisa mendalam mengenai rezim Jose Antonio Primo de Rivera dan Jenderal Franco, yang mencakup sejarah pergerakan Falangis (sebutan untuk pengikut partai politik Jenderal Franco).

Konteks Historis
Untuk memperoleh pemahaman lebih mengenai peran FC Barcelona dan Real Madrid dalam lingkungan politik Spanyol, pertama sekali kita harus menganalisa konteks historis yang melingkupi kemunculan kedua klub. Sejatinya, tataran politik yang kita anggap sebagai Spanyol modern mulai terbentuk sejak abad ke-16, dimana institusi Spanyol memiliki asal-muasalnya pada Abad Pertengahan dan reformasi prinsip-prinsip Kristen yang sedang terjadi saat itu (Payne: 1999, p.3).
Dengan kerajaan bersifat lokal dan dinasti sebagai unit dasar peradaban barat pada era tersebut, apa yang kita kenal sekarang sebagai Spanyol berawal dari lima kerajaan terpisah dengan konsep kebangsaan yang menyeluruh yang dikenal dengan nama “Hispania” (Payne: 1999, p.3). Dalam konteks inilah mulai muncul sistem regionalisme yang membentuk karakter perpolitikan Spanyol.
Sementara monarki Bourbon menanamkan rasa kebangsaan yang lebih besar selama tahun 1800-an dan reformasi yang diperkenalkan oleh Charles III secara khusus menekankan sentralisasi administrasi (Ventos: 1991, p.99), namun sejarah menunjukkan keunggulan politik terkait sentralisasi lenyap oleh perang Spanyol-Amerika tahun 1898. Dalam istilah Stanley Payne “trauma pasca-kolonialisme modern pertama di Eropa Barat” (1999, p.11), angkatan laut Spanyol dihancurkan oleh Amerika Serikat dan berlanjut pada pengkotak-kotakan wilayah colonial termasuk Kuba, Puerto Rico dan Filipina (Hendrikson: 2003, p.52).
Musnahnya kekaisaran Spanyol di seberang laut tampak sebagai simbol kegagalan Spanyol modern sebagai sebuah negara dan sistem, dimana kaum elit membuka peluang proses demokratisasi yang disebut-sebut sebagai pembuka konflik mendalam di negara Spanyol (Payne: 1987, p.9). Payne (1987, p.7) percaya bahwa momen ini dalam sejarah modern Spanyol menyebabkan sebuah “ketiadaan nasionalisme”, sementara Xavier de Ventos (1991, p.135) telah menulis bahwa masyarakat Spanyol semakin dekat pada kerumitan, yang mengubah keadaan dari dalam menuju ledakan politik.
Elemen-elemen ini dapat dilihat sebagai “pustaka bencana” oleh pergerakan regenerasionis yang muncul di Spanyol segera setelah kekalahan kekaisaran, dimana terbit tulisan-tulisan bermuatan politis yang mencoba untuk memunculkan reformasi untuk memperbaiki erosi identitas kolektif Spanyol (Payne: 1987, p.9-10). Jimmy Burns (1999, p.xv) menulis inilah masa turbulensi politik di Spanyol antara jatuhnya satu era dan perebutan kekuasaan oleh lainnya. Di dalam pergeseran tataran politik inilah Real Madrid dan FC Barcelona lahir, sesuatu yang pada hal-hal tertentu menjelaskan relevansi politis antara kedua klub yang terus terpelihara sampai hari ini.
Dengan konsensus politik yang tak mungkin dicapai dan setiap langkah reformasi demokrasi meningkatkan perpecahan sosial-politik (Payne: 1999, p.11), muncul argumentasi bahwa kedua institusi olahraga yang merepresentasikan elemen-elemen berbeda antara tradisional dan modern, yang selanjutnya didefinisikan melalui karya “noventayochistas”, penulis yang rajin berpikir mengenai “problem Spanyol” (Payne: 1999, p.11-12). Yang pasti, FC Barcelona dan Real Madrid didirikan pada masa pergolakan sosial dan politik skala besar, sehingga keadaan lingkungan pun terefleksikan dalam identitas mereka masing-masing. Sementara Spanyol berjuang dengan identitasnya selama tahun-tahun awal abada ke-20, Catalonia telah menjadi wilayah yang paling berkembang di seluruh negeri, dan berdasarkan Juan Linz (1973) yang dikutip dalam Hargreaves (2000, p.26), warga Catalan merasa tersinggung dengan keadaan negara yang inefisien. Setelah memodernisasi sektor politik dan ekonomi dengan relatif cepat (Hargreaves: 2000, p.26), sepakbola telah menjadi pegangan kelas menengah Catalan dan populasi ekspatriat yang menikmati buah dari pertumbuhan ekonomi yang signifikan (Burns: 1999, p.72).
Sejatinya, seharusnya ada kondisi ekonomi yang menguntungkan di Barcelona pada masa itu dikarenakan klub sepakbola utama di kota itu didirikan oleh ekspatriat liberal yang Makmur. Pria itulah yang menggagas pendirian FC Barcelona. Dia bernama Joan Gamper (inilah nama versi Catalonia untuk nama aslinya, Hans Kamper). Dia seorang business-man asal Swiss yang memiliki simpati besar terhadap nasionalis Katalan. Sejarah resmi klub menjelaskan bahwa Gamper secara penuh terintegrasi dengan Catalonia karena kemampuannya berbicara dan menulis dalam bahasa Catalan dan meleburkan dirinya dalam kultur wilayah setempat (FC Barcelona: 2011).
Dalam tulisannya di Morbo (2003, p.117), Phil Ball menunjukkan bahwa Real Madrid hampir tidak memiliki asal-usul yang sederhana, dikaitkan dengan kebangsawanan yang ada sejak awal mula. Sejatinya, bendahara awal Foot Ball Sky adalah Conde (Count) de La Quinta de La Enrajada, sarjana Oxford dan anggota kasta tinggi di masyarakat Spanyol. Semakin kuat koneksi terhadap pendirian dibanding FC Barcelona, institusionalisasi sosial Real Madrid dapat dikatakan menjadi stempel karet dengan adanya perlindungan oleh Alfonso XIII pada 1920 (Ball: 2003, p.117). 

Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda

Terima kasih, anda masih peduli dengan otak anda.
Memiliki otak yang mudah mengingat berbagai hal merupakan impian semua orang.
Ini dikarenakan, dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda sehari-hari yang membutuhkan daya ingat otak anda dalam berbagai aktivitas. Anda tentu tidak mengharapkan memiliki otak yang sering lupa dalam mengingat berbagai hal dalam kehidupan anda.
Meningkatkan daya ingat otak kita merupakan langkah yang harus kita lakukan untuk membantu semua aktivitas kita sehari-hari. Oleh karena itulah, BORNEO BLOG kali ini akan menyajikan sebuah artikel yang mungkin sangat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda :

Cobalah menulis 10 daftar kata yang bervariasi. Tips pertama adalah menulis 10 daftar kata yang bervariasi, kemudian tutup kata yang anda tulis. Setelah 2 menit, tulislah kembali daftar kata yang anda tulis secara urut. Ini dapat mengukur kekuatan daya ingat otak anda. 

Dengarkan Musik Klasik. Metode yang kedua dapat anda lakukan dengan mendengarkan musik klasik seperti musik instrumental atau orkestra klasik. Menurut beberapa penelitan, sering mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan daya ingat otak anda.

Mengisi Teka-Teki Silang. Tips berikutnya yaitu dengan sering mengisi teka-teki silang.
Dengan sering mengisi teka-teki silang, otak anda akan selalu berusaha mengingat sesuatu yang berhubungan dengan pertanyaan dan jawaban yang tepat untuk pertannyaan teka-teki silang tersebut. Sehingga tips ini juga mampu meningkatkan daya ingat otak anda.

Terapkan Pola Hidup Sehat. Tips keempat atau tips yang terakhir dari admin yaitu dengan  melakukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan otak anda.
Ini dapat anda lakukan dengan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan otak anda. Makanan seperti Gandum, minyak ikan, tomat, labu, brokoli dan kacang-kacangan merupakan beberapa makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak anda.

Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Terima kasih, anda masih peduli dengan kesehatan tubuh anda.
Setelah Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda, Kali ini BORNEO BLOG akan berbagi tips mengenai makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh anda.
Banyak sekali cara untuk memperkuat daya tahan tubuh anda. Sehingga tidak mudah sakit atau terserang penyakit. Dari Olahraga setiap pagi, tidur atau istirahat yang cukup, selalu berpikiran positif, menjaga kebersihan makanan yang anda konsumsi setiap harinya, memperbanyak makanan berserat tinggi serta memenuhi akan kebutuhan vitamin D. Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga daya tahan tubuh anda yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh anda.
Berikut ini adalah 4 Makanan yang memperkuat daya tahan tubuh anda :

Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu makanan yang memperkuat daya tahan tubuh anda. Ini dikarenakan, bawang putih mengandung vitamin C, B1, B6, Mineral (fosfat serta zat besi dan sulfoksida.
Karena bahan-bahan tersebut anti jamur, antiseptik dan anti bakteri. Bawang putih sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit pilek, batuk dan infeksi pada dada.

Ikan
Ikan yang dimaksud yaitu ikan salmon, tuna dan makarel.  Karena ikan-ikan tersebut banyak mengandung asam lemak omega 3.
Fungsinya yaitu memperkuat daya tahan tubuh anda, meningkatkan aktifitas sel darah putih yang mampu menghancurkan bakteri yang berbahaya yang berada dalam tubuh anda.

Buah
Buah yang dimaksud yaitu jambu monyet, duwet, jambu biji putih, gandaria, mangga manalagi. Karena buah-buah tersebut banyak mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh anda, meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan resiko terserang penyakit cardiovaskular.

Gandum
Gandum banyak mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, protein serta antioksidan.
Gandum merupakan salah satu makanan yang juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh anda dari segala serangan penyakit.
Oleh karena itulah, kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Makanan Yang Mencerdaskan Otak.

Memiliki otak yang cerdas yang dapat berpikir secara cepat dan tepat merupakan harapan setiap orang. Apabila otak kita dapat melakukan hal tersebut, maka pekerjaan dan tantangan yang kita hadapi setiap hari dapat tuntas dengan cepat pula.
Untuk dapat melakukan itu semua, otak kita juga membutuhkan makanan atau nutrisi yang di butuhkannya.
Lalu, makana apa saja yang dapat membantu mencerdaskan otak anda?
Sebenarnya banyak sekali jenis makanan yang mudah kita dapatkan untuk menutrisi otak kita. Tapi tidak sedikit orang yang mengetahui tentang berbagai makanan yang sebenarnya dapat memenuhi nutrisi otak kita.
Berikut ini macam-macam makanan yang dapat mencerdaskan otak anda:

Ikan
Makanan yang pertama yaitu ikan. Ikan sangat baik untuk menutrisi otak kita. Didalam tubuh ikan terdapat asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini banyak terdapat di ikan salmon, tuna dan sarden.

Pisang.
Makanan yang kedua yaitu pisang. Hampir semua orang menyukai pisang. Pisang ternyata juga sangat baik untuk menutrisi otak kita. Dalam buah pisang terdapat kalium dan magnesium yang berfungsi untuk transmisi saraf di tubuh serta otak anda.

Bayam.
Makanan yang ketiga yaitu bayam. Bayam juga sangat baik untuk menutris otak anda. Didalam bayam mengandung vitamin B9 yang berfungsi untuk meningkatkan memori yang dibutuhkan untuk mencerdaskan otak anda.

Telur.
Makanan yang keempat yaitu telur. Telur yang biasa kita konsumsi juga sangat baik untuk menutris otak kita. Karena di dalam telur mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk menutrisi otak kita.

Alpukat.
Makanan yang kelima yaitu alpukat. Buah alpukat juga sangat baik untuk menutrisi otak kita. Karena buah alpukat mengandung atau kaya akan vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan serta mampu melindungi otak dari penuaan dini.

Brokoli.
Makanan yang keenam yaitu brokoli. Brokoli juga sangat baik untuk menutrisi otak anda, karena mengandung vitamin C, antioksidan serta betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak anda.

Cokelat.
Makanan yang ketujuh yaitu cokelat. Cokelat ternyata juga sangat baik untuk menutrisi otak anda. Cokelat banyak mengandung Flavonoid yang memicu pembentukan sel saraf baru pada otak yang dapat menambah kemampuan menyimpan ingatan dalam memori otak anda.

Contoh Usaha Sampingan

Usaha sampingan menjadi mahasiswa merupakan satu kebanggaan bagi seorang pemuda-pemudi terlebih jika kita bisa memperjuangkan pendidikan di perguruan tinggi dengan hasil keringat sendiri.
Kini, banyak diantara mahasiswa yang memiliki semangat luar biasa yang meskipun kurang mampu namun berani kuliah untuk memperbaiki kehidupannya. Dan salah satu hal yang dapat di lakukan adalah dengan manjalankan usaha sampingan.

Menjadi penulis merupakan satu hal yang sudah banyak dan mungkin sangat umum untuk mahasiswa. Para mahasiswa tentu sudah tidak asing dengan makalah, artikel, resume dan lain sebagainya. Terlebih lagi seorang mahasiswa biasanya memiliki laptop atau komputer di rumahnya. Fasilitas ini tentu bisa digunakan untuk menjalankan usaha sampingan menulis. Anda bisa menulis cerpen, menulis puisi, novel, artikel yang bisa di kirimkan kesurat kabar atau yang paling mudah menjadi conten writer (CW). Content writer merupakan salah satu pekerjaan menulis yang dapat anda jalankan dengan cara menulis artikel yang berisi 300 - 500 kata kemudian anda jual dengan harga Rp. 10.000 - Rp. 50.000,- tergantung tingkat kesulitan dan bahasa konten tersebut. 

Mungkin usaha sampingan jenis ini sudah sangat diketahui oleh para mahasiswa. Usaha ini sangat menggiurkan serta sangat menjanjikan namun dibutuhkan kesabaran. Anda bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah bahkan ratusan juta hanya dari berbisnis online. Anda bisa menjalankan bisnis - bisnis online di antaranya : Google Adsense merupakan salah satu broker iklan dunia maya yang paling terkenal dan paling digemari oleh para publisher. Anda yang memiliki blog, bisa anda daftarkan dan pasang iklan dari google adsense. Ketika ada pengunjung yang mengklik iklan yang di pasang di blog anda maka dari situlah anda akan mendapatkan uang. 

Youtube yang didirikan pada tahun 2005 itu, setelah dibeli oleh pihak google menjadi salah satu sumber penghasilan baru bagi para pengunggah video. Anda bisa bekerja sama dengan pihak google adsense, mengungah video dan jika ada banyak pengunjung yang hadir maka anda tinggal menunggu hasil dari video anda. selengkapnya klik di sini

Jika anda senang berjualan, namun tidak memiliki modal cukup, maka membuka toko online secara dropship merupakan alternatif yang bisa anda jalankan. Dropship merupakan metode jual beli dimana anda tidak mesti memproduksi barang sendiri bahkan anda tidka harus memiliki produk. Anda hanya perlu menyalurkan barang milik suplier kepada teman anda, kerabat anda,, teman di FB, tweet dll.

Sejarah Awal Suku dayak Di Indonesia

Suku dayak,adalah suku yang sangat fenomenal yang ada di negara Indonesia, karena terkenal akan kekuatan magisnya, Kata Dayak berasal dari kata "Daya" yang artinya hulu, untuk menyebutkan masyarakat yang tinggal di pedalaman atau perhuluan Kalimantan umumnya dan Kalimantan Barat.

Asal Mula Adanya Suku Dayak
Pada tahun (1977-1978) saat itu, benua Asia dan pulau Kalimantan yang merupakan bagian nusantara yang masih menyatu, yang memungkinkan ras mongoloid dari asia mengembara melalui daratan dan sampai di Kalimantan dengan melintasi pegunungan yang sekarang disebut pegunungan “Muller-Schwaner”. Suku Dayak merupakan penduduk Kalimantan yang sejati. Namun setelah orang-orang Melayu dari Sumatra dan Semenanjung Malaka datang, mereka makin lama makin mundur ke dalam.
Belum lagi kedatangan orang-orang Bugis, Makasar, dan Jawa pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Suku Dayak hidup terpencar-pencar di seluruh wilayah Kalimantan dalam rentang waktu yang lama, mereka harus menyebar menelusuri sungai-sungai hingga ke hilir dan kemudian mendiami pesisir pulau Kalimantan. Suku ini terdiri atas beberapa suku yang masing-masing memiliki sifat dan perilaku berbeda.
Suku Dayak pernah membangun sebuah kerajaan. Dalam tradisi lisan Dayak, sering disebut ”Nansarunai Usak Jawa”, yakni sebuah kerajaan Dayak Nansarunai yang hancur oleh Majapahit, yang diperkirakan terjadi antara tahun 1309-1389 (Fridolin Ukur,1971). Kejadian tersebut mengakibatkan suku Dayak terdesak dan terpencar, sebagian masuk daerah pedalaman. Arus besar berikutnya terjadi pada saat pengaruh Islam yang berasal dari kerajaan Demak bersama masuknya para pedagang Melayu (sekitar tahun 1608).
Sebagian besar suku Dayak memeluk Islam dan tidak lagi mengakui dirinya sebagai orang Dayak, tapi menyebut dirinya sebagai orang Melayu atau orang Banjar. Sedangkan orang Dayak yang menolak agama Islam kembali menyusuri sungai, masuk ke pedalaman di Kalimantan Tengah, bermukim di daerah-daerah Kayu Tangi, Amuntai, Margasari, Watang Amandit, Labuan Lawas dan Watang Balangan. Sebagain lagi terus terdesak masuk rimba. Orang Dayak pemeluk Islam kebanyakan berada di Kalimantan Selatan dan sebagian Kotawaringin, salah seorang Sultan Kesultanan Banjar yang terkenal adalah Lambung Mangkurat sebenarnya adalah seorang Dayak (Ma’anyan atau Ot Danum)
Tidak hanya dari nusantara, bangsa-bangsa lain juga berdatangan ke Kalimantan. Bangsa Tionghoa diperkirakan mulai datang ke Kalimantan pada masa Dinasti Ming tahun 1368-1643. Dari manuskrip berhuruf kanji disebutkan bahwa kota yang pertama di kunjungi adalah Banjarmasin. Tetapi masih belum jelas apakah bangsa Tionghoa datang pada era Bajarmasin (dibawah hegemoni Majapahit) atau di era Islam.
Kedatangan bangsa Tionghoa tidak mengakibatkan perpindahan penduduk Dayak dan tidak memiliki pengaruh langsung karena langsung karena mereka hanya berdagang, terutama dengan kerajaan Banjar di Banjarmasin. Mereka tidak langsung berniaga dengan orang Dayak. Peninggalan bangsa Tionghoa masih disimpan oleh sebagian suku Dayak seperti piring malawen, belanga (guci) dan peralatan keramik.
Sejak awal abad V bangsa Tionghoa telah sampai di Kalimantan. Pada abad XV Raja Yung Lo mengirim sebuah angkatan perang besar ke selatan (termasuk Nusantara) di bawah pimpinan Chang Ho, dan kembali ke Tiongkok pada tahun 1407, setelah sebelumnya singgah ke Jawa, Kalimantan, Malaka, Manila dan Solok. Pada tahun 1750, Sultan Mempawah menerima orang-orang Tionghoa (dari Brunei) yang sedang mencari emas. Orang-orang Tionghoa tersebut membawa juga barang dagangan diantaranya candu, sutera, barang pecah belah seperti piring, cangkir, mangkok dan guci (Sarwoto kertodipoero,1963)
Dibawah ini ada beberapa adat istiadat bagi suku dayak yang masih terpelihara hingga kini, dan dunia supranatural Suku Dayak pada zaman dahulu maupun zaman sekarang yang masih kuat sampai sekarang. Adat istiadat ini merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, karena pada awal mulanya Suku Dayak berasal dari pedalaman Kalimantan.
Upacara Tiwah
Upacara Tiwah merupakan acara adat suku Dayak. Tiwah merupakan upacara yang dilaksanakan untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke Sandung yang sudah di buat. Sandung adalah tempat yang semacam rumah kecil yang memang dibuat khusus untuk mereka yang sudah meninggal dunia.
Upacara Tiwah bagi Suku Dayak sangatlah sakral, pada acara Tiwah ini sebelum tulang-tulang orang yang sudah mati tersebut di antar dan diletakkan ke tempatnya (sandung), banyak sekali acara-acara ritual, tarian, suara gong maupun hiburan lain. Sampai akhirnya tulang-tulang tersebut di letakkan di tempatnya (Sandung).
Dunia Supranatural
Dunia Supranatural bagi Suku Dayak memang sudah sejak jaman dulu merupakan ciri khas kebudayaan Dayak. Karena supranatural ini pula orang luar negeri sana menyebut Dayak sebagai pemakan manusia ( kanibal ). Namun pada kenyataannya Suku Dayak adalah suku yang sangat cinta damai asal mereka tidak di ganggu dan ditindas semena-mena. Kekuatan supranatural Dayak Kalimantan banyak jenisnya, contohnya Manajah Antang. Manajah Antang merupakan cara suku Dayak untuk mencari petunjuk seperti mencari keberadaan musuh yang sulit di temukan dari arwah para leluhur dengan media burung Antang, dimanapun musuh yang di cari pasti akan ditemukan.
Mangkok merah. Mangkok merah merupakan media persatuan Suku Dayak. Mangkok merah beredar jika orang Dayak merasa kedaulatan mereka dalam bahaya besar. “Panglima” atau sering suku Dayak sebut Pangkalima biasanya mengeluarkan isyarat siaga atau perang berupa mangkok merah yang di edarkan dari kampung ke kampung secara cepat sekali. Dari penampilan sehari-hari banyak orang tidak tahu siapa panglima Dayak itu. Orangnya biasa-biasa saja, hanya saja ia mempunyai kekuatan supranatural yang luar biasa. Percaya atau tidak panglima itu mempunyai ilmu bisa terbang kebal dari apa saja seperti peluru, senjata tajam dan sebagainya.
Mangkok merah tidak sembarangan diedarkan. Sebelum diedarkan sang panglima harus membuat acara adat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai perang. Dalam acara adat itu roh para leluhur akan merasuki dalam tubuh pangkalima lalu jika pangkalima tersebut ber “Tariu” ( memanggil roh leluhur untuk untuk meminta bantuan dan menyatakan perang ) maka orang-orang Dayak yang mendengarnya juga akan mempunyai kekuatan seperti panglimanya. Biasanya orang yang jiwanya labil bisa sakit atau gila bila mendengar tariu.

Orang-orang yang sudah dirasuki roh para leluhur akan menjadi manusia dan bukan. Sehingga biasanya darah, hati korban yang dibunuh akan dimakan. Jika tidak dalam suasana perang tidak pernah orang Dayak makan manusia. Kepala dipenggal, dikuliti dan di simpan untuk keperluan upacara adat. Meminum darah dan memakan hati itu, maka kekuatan magis akan bertambah. Makin banyak musuh dibunuh maka orang tersebut makin sakti.
Mangkok merah terbuat dari teras bambu (ada yang mengatakan terbuat dari tanah liat) yang didesain dalam bentuk bundar segera dibuat. Untuk menyertai mangkok ini disediakan juga perlengkapan lainnya seperti ubi jerangau merah (acorus calamus) yang melambangkan keberanian (ada yang mengatakan bisa diganti dengan beras kuning), bulu ayam merah untuk terbang, lampu obor dari bambu untuk suluh (ada yang mengatakan bisa diganti dengan sebatang korek api), daun rumbia (metroxylon sagus) untuk tempat berteduh dan tali simpul dari kulit kepuak sebagai lambang persatuan. Perlengkapan tadi dikemas dalam mangkok dari bambu itu dan dibungkus dengan kain merah.
Menurut cerita turun-temurun mangkok merah pertama beredar ketika perang melawan Jepang dulu. Lalu terjadi lagi ketika pengusiran orang Tionghoa dari daerah-daerah Dayak pada tahun 1967. pengusiran Dayak terhadap orang Tionghoa bukannya perang antar etnis tetapi lebih banyak muatan politisnya. Sebab saat itu Indonesia sedang konfrontasi dengan Malaysia.
Menurut kepercayaan Dayak, terutama yang dipedalaman Kalimantan yang disampaikan dari mulut ke mulut, dari nenek kepada bapak, dari bapak kepada anak, hingga saat ini yang tidak tertulis mengakibatkan menjadi lebih atau kurang dari yang sebenar-benarnya, bahwa asal-usul nenek moyang suku Dayak itu diturunkan dari langit yang ke tujuh ke dunia ini dengan “Palangka Bulau” ( Palangka artinya suci, bersih, merupakan ancak, sebagai tandu yang suci, gandar yang suci dari emas diturunkan dari langit, sering juga disebutkan “Ancak atau Kalangkang” ).