Kamis, 18 Desember 2014

Musik Flamenco

Apa itu Flamenco?
Amor Flamenco, Sumber: http://banyuke92.blogspot.com/
Flamenco adalah jenis musik khas negeri Matador. Memiliki nada-nada yang ritmik, kuat dan bersemangat. Flamenco makin mempesona karena kerap mengiringi tari yang juga penuh semangat, lengkap dengan hentakan kaki dan tepukan tangan.
Salah satu yang membuat tarian Flamenco menarik karena gerakan tubuh serta kecepatan kakidan tangannya. Di Spanyol, tarian Flamenco adalah tarian khas Matador, yaitu tarian adu banteng yang biasanya dimulai saat berakhirnya Semana Santa (minggu suci paskah). Tarian Flamenco menjadi bagian dari pertunjukan yang sangat menarik untuk dilihat sebelum pertunjukan adu banteng.
Namun, kini Flamenco yang banyak diminati masyarakat Spanyol sudah diubah. Tarian ini banyak menggerakan tubuh, khususnya kaki dan tangan, tiidak lagi untuk adu banteng.
Flamenco sangat identik dengan dan musik. pertunjukan musik juga menjadi penyeling diantara tarian. dentingan Gitar Spanyol serta bunyi flute dan piano tampak sebagian alunan musik modern. Dipadu bebunyian tepuk tangan yang menguatkan atmosfer Gypsi yang sudah tercipta.
Pertunjukan Flamenco, Sumber: http://banyuke92.blogspot.com/
Flamenco sendiri adalah tarian tradisional komunitas gypsi dibagian selatan Spanyol yang punya tradisi panjang. Berkembang selama beberapa abad dari gypsi dan akar seni di kawasan tersebut. Musik dan tari Flamenco naik di kalangan terhormat menjelang abad 19 sebagai sajian di kafe-kafe.
Konsentrasi dan penjiwaan adalah dasar Flamenco. Telinga para penari harus sensitif sehinggaketukan demi ketukan kaki para penari tersebut indah seirama tepuk tangan. Sebagian dalam pertunjukan, para penari tampil meliuk sesekali meloncat ritmik. Ketika cabikan gitar meninggi, tubuh yang berbalut gaun panjang merah meliuk-liuk ke depan dan belakang.


Sumber Artikel: dari buku Sejarah Peradaban Spanyol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar