Kamis, 18 Desember 2014

Gitar Spanyol

Kita sering mengatakan bodi seseorang seperti gitar Spanyol (khususnya di Indonesia). Berbagai macam gitar dan sejarahnya dapat dilihat dari uraian dibawah ini. Gitar Spanyol kemudian dimodifikasi oleh Antonio De Tores Jurado menjadi gitar yang bersuara indah, bernuansa musik klasik Flamengo, dan bentuk yang mungil serta ringan.
Gitar adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari loga/metal dan terdapat 6 tali/senar untuk dimainkan. 

Antonio De Tores Jurado, 1817-1892
Bagian atas dan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. Enam senar terikat dapa pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs/pemutar digunakan untuk tuning. Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetik senarnya, orang-orang langsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta, anda bisa bermain gitar untuk bernyanyi dan berdansa. Disaat sendiri suara yang dihasilkan bagai Orchestra kecil.
Suara gitar mempunyai sifat romantis. Oleh karena itu, lagu "Romansa" paling cocok bila dibawakan dengan gitar. Selain gitar-gitar tradisonal, maka ada beberapa jenis gitar lainnya, misalnya gitar Hawaiian yang menggunakan sistem slide, kemudian ada gitar yang menggunakan dawai nylon (gitar klasik dan gitar folk), serta ada pula yang menggunakan dawai loga (steel gitar).
Baca juga: Sejarah Gitar
Sumber Artikel: diambil dari buku Peradaban Spanyol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar